RSS

PASAR DALAM KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT


A.    Pengertian , Fungsi, dan Peranan Pasar
1.      Pengertian Pasar
Secara sederhana pengertian pasar selalu dibatasi oleh anggapan bahwa ketika bertransaksi penjual dan pembeli harus bertemu secara langsung. Dalam pengertian luas, pembeli dan penjual teteap bisa melakukan transaksi walaupun berada ditempat yang berdeda, bahkan berjauhan. Karena untuk berinteraksi mereka dapat melakukannya melalui telepon, internet, atau malah dengan surat. Dengan demikian, pasar dalam arti luas adalah sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli.
            Ada 4 hal yang menjadi syarat terbentuknya pasar. 4 syarat yang harus dipenuhi secara bersamaan. Apabila tidak, pasar tidak akan terbentuk. Berikut syarat-syarat tersebut :
a.      Terdapat penjual
b.      Terdapat pembeli
c.      Barang atau jasa yang diperjualbelikan tersedia
d.      Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli
2.      Fungsi pasar
Pasar memiliki fungsi yang penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Adapun fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi berikut.
a.      Fungsi Distribusi
Pasar memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Produsen dapat berhubungan dengan konsumen dalam menyalurkan barang-barangnya, baik langsung maupun tidak langsung melalui pasar.
b.      Fungsi Pembentukkan Harga
Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Semula penjual menawarkan barang dengan harga tinggi dan pembeli menawar dengan harga rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
c.        Fungsi Sarana Promosi
Pasar merupakan tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang atau jasa tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen.
3.      Peranan Pasar
Pasar memiliki peranan yang sangat besar bagi berbagai pihak, baik bagi produsen barang, bagi konsumen, bagi pengembangan sumber daya manusia, maupun bagi pembangunan suatu Negara.
a.      Peranan Pasar bagi Produsen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen, yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu, memberikan kemudahan untuk memperoleh bahan baku produksi dan menjual barang/jasa hasil produksi.
b.      Peranan Pasar bagi Konsumen
Pasar bagi konsumen merupakan tempat dijualnya barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat konsumen sehingga konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang diinginkan. Apabila pasar makin luas maka konsumen akan makin mudah  memenuhikebutuhan hidupnya. Pasar juga berperan sebagai tolak ukur kemakmuran rakyat, semakin makmur kondisi ekonomi rakyat akan semakin ramai kondisi pasar.
c.      Peranan pasar bagi Sumber Daya Manusia
Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Makin luas suatu pasar, makin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.
B.     Macam macam Pasar
Dalam ilmu ekonomi, pasar dikelompokan berdasarkan berdagai sudut pandang. Bisa bedasarkan wujudnya, jenis barang yang diperjualbelikan , waktu penyelenggaraan, luas jangkauan distribusi, strukturnya, dan jumlah penjual dan pembeli.
1.        Pasar Menurut Wujudnya (segi fisik/sifatnya)
Menurut sifatnya pasar dibagi menjadi pasar konkret dan pasar abstrak.
a.      Pasar Konkret(nyata)
Pasar konkret (nyata), yaitu pasar tempat pembeli dan penjual benar benar bertemu secara langsung. Contoh : pasar sayur mayor, pasar pakaian jadi.
Ciri-ciri pasar konkret sebagai berikut.
1)     Barang yang diperjualbelikan benar benar ada.
2)     Penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
3)     Transaksi dilakukan secara tunai.
4)     Barang dapat dibawa/diambil pada saat itu juga.
b.      Pasar abstrak (tidak nyata)
Pasar abstrak (tidak nyata), yaitu pasar dimana penjual menawarkan barang hanya memperlihatkan contoh(master) atau pembeli dan penjual tidak langsung datang ke pasar. Jual beli dapat dilakukan melalui telepon, faksimili, internet, atau surat pesanan.
Contoh : pasar bunga valuta asing, pasar bursa tembakau Indonesia di Bremen, Jerman, pasar modal atau bursa efek di Jakarta.
Ciri-ciri pasar abstrak sebagai berikut :
1)     Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia.
2)     Transaksi dilakukan dalam partai besar.
3)     Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda(berjauhan jaraknya).
4)     Transkasi dilandasi oleh rasa saling percaya.
2.      Pasar berdasarkan waktu penyelenggaraan
Berdasarkan waktu penyelenggaraan pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut.
a.      Pasar harian
Pasar harian adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang belangsung setiap hari dan barang-barang yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan sehari-hari.
b.      Pasar mingguan
Pasar mingguan adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang berlangsung seminggu sekali.
c.      Pasar bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan 1 kali dalam 1 bulan dan biasanya barang yang diperjualbelikan dalam pasar ini sudah tertentu. Pembeli yang datang bukan hanya konsumen, tetapi ada juga pedagang.
d.      Pasar tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang diselenggarakan 1 kali dalam 1 tahun dan biasanya bertujuan untuk memperkenalkan produk baru. Pasar ini ada yang bersifat nasional, bahkan internasional.
3.      Pasar Menurut Luas DaerahPemasaran Barang
Berdasarkan luas daerah pemasarannya pasar dapat dikelompokan sebagai berikut.
a.      Pasar Setempat
Pasar setempat adalah tempat pertemuan antara calon penjual dan calon pembeli yang hanya meliputi tempat tertentu. Barang barang yang diprjualbelikan di pasar tersebut berupa barang barang konsumsi atau barang barang keperluan sehari-hari, seperti sayur-mayur, beras, lauk-pauk, buah-buahan.
b.      Pasar Daerah
Pasar daerah adalah tempat pertemuan antara calon penjual dan calon pembeli yang meliputi wilayah tertentu, misalnya wilayah kabupaten atau provinsi. Selain konsumen, di pasar ini banyak pedagang menengah yang melayani pedagang pengecer atau pedagang kecil.
c.      Pasar Nasional
Pasar Nasional adalah pasar yang meliputi wilayah satu Negara tertentu. Konsumen barang barang yang diperdagangkan dalam pasarnasional meliputi masyarakat wilayah suatu Negara.
d.      Pasar Internasional
Pasar internasional adalah tempat pertemuan antara calon penjual dan calon pembeli dari berbagi Negara di seluruh dunia. Barang barang yang diperdagangkan di pasar tersebut berupa komoditi yang diminati konsumen internasioal.
4.      Pasar Menurut Bentuk/Strukturnya
Pasar menurut bentuknya dapat dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

a.      Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di man terdapat banyak penjual dan pembeli yang masing masing sudah mengetahui keadaan pasar. Ciri-ciri passer persaingan sempurna sebagai berikut :
1)     Jumlah penjual/produsen dan pembeli sangat banyak.
2)     Barang yang diperdagangkan oleh penjual bersifat homogeny(sejenis).
3)     Penjual dan pembeli memiliki imformasi pasar dengan lengkap.
b.      Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana jumlah penjual lebih sedikit dari jumlah pembeli. Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna sebagi berikut :
1)     Jumlah penjual lebih sedikit dari dibandingkan jumlah pembeli.
2)     Barang yang diperdagangkan bersifat heterogen(beraneka ragam).
3)     Penjual dapat menentukan harga pasar dengan bebas.
4)     Penjual dan pembeli tidak mengetahui keadaan pasar dengan baik.
Bentuk bentuk pasar persaingan tidak sempurna meliputi berikut:
1)     Pasar Monopoli, yaitu suatu keadaan pasar yang hanya terdapat satu orang penjual untuk satu jenis barang sehingga penjual bebas menentukan harga barang sesuka hati.
2)     Pasar oligopoli adalah pasar yang terdapat beberapa penjual untuk suatu barang dengan jumlah pembeli banyak.
3)     Pasar monopsoni merupakan pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan pembeli sehingga ia memiliki kamampuan untuk menetapkan harga.
4)     Pasar oligopsoni adalah suatu pasar di man pembelian suatu barang dipegang oleh beberapa perusahaan.
5.      Pasar Menurut Jumlah atau Banyaknya Pembeli dan Penjual
Pasar dalam kelompok ini termasuk sebagai pasar dengan persaingan tidak sempurna.
a.      Pasar oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu pasar di mana hanya terdapat sedikit penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak.
b.      Pasar duopoli
Duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan.
c.      Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah suatu pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa, satu penjual tersebut menguasai penjualan sehingga mereka bebas menentukan harga dan barang yang dijualnya.
d.      Pasar monopsoni
Monopsoni merupakan pasar dimana hanya terdapat satu pembeli sehingga ia memiliki kemampuan untuk menetapkan harga.
e.      Pasar oligopsoni
Pasar oligopsoniadalah suatu pasar dimana pembelian suatu barang dipegang oleh beberapa perusahaan.
f.        Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistic adalah pasar yang didalamnya terdapat persaingan antara pedagang yang melakukan monopoli. Barang barang yang diperjualbelikan pada dasarnya sama, tetapi jenisnya beraneka ragam. Pada pasarpersaingan sempurna terdapat banyak penjual dan pembeli. Karena terdapat banyak sekali penjual dan pembeli, masing masing tidak dapat menentukan harga. Harga terbentuk dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.
6.      Pasar berdasarkan Jenis Jenis Barang yang Diperjualbelikan
a.      Pasar barang konsumsi, yaitu pasar yang menjual barang barang yang secara langsung dapat dikonsumsi.
b.      Pasar barang produksi, yaitu pasar yang menjual faktor factor produksi.
7.      Pasar Berdasarkan Barang yang Diperjualbelikan
a.      Passer homogen atau pasar sejenis, yaitu pasar yang didalamnya hanya dijualbelikan satu jenis barang.
b.      Pasar heterogen, yaitu pasar yang didalamnya diperjualbelikan segala macam barang barang kebutuhan masyarakat. Pasar heterogen terjadi hampir di semua pasar di daerah, baik di kota besar maupun di kota kecil.





0 komentar:

Posting Komentar